TIPS MERAWAT RUMPUT SINTETIS AGAR TETAP BAGUS DAN KUAT

TIPS MERAWAT RUMPUT SINTETIS AGAR TETAP BAGUS DAN KUAT


Lalu bagaimana cara merawat rumput sintetis itu dengan baik dan benar?

Cara perawatan rumput futsal sintetis ini tentunya sangat berbeda dengan rumput asli yang ada pada lapangan yang ada di stadion sepakbola. Berbeda dengan rumput asli pada lapangan sepakbola yang harus dirawat dengan meyiramnya setiap hari, rumput futsal sintetis ini tidak memerlukan air dalam perawatannya, karena rumput futsal sintetis ini didesain secara khusus dan dibuat dengan bahan yang anti terhadap air. Jadi, untuk merawat sebuah lapangan futsal yang menggunakan rumput futsal sintetis ini di perlukan hal-hal sebagai berikut :

1. Buatlah Peraturan Dalam Penggunaaan Lapangan Futsal. 

Buatlah sebuah peraturan yang memberitahukan kepada para penyewa lapangan olahraga futsal tersebut tentang peraturan lapangannya, seperti misalnya: di larang meludah di dalam lapangan futsal, wajib untuk memakai sepatu karet/futsal, wajib untuk memakai kaos pada saat bermain futsal di lapangan tersebut, dilarang melakukan kegiatan yang bisa merusak rumput sintetis pada lapangan, dan lain lain.

2. Periksa kondisi Rumput Futsal sintetis Secara Berkala. 

Hal ini di lakukan untuk menghindari kerusakan cepat pada rumput futsal sintetis yang di gunakan pada karpet futsal pada lapangan. Tidak jarang rumput futsal sintetis yang digunakan cepat lepas dikarenakan kelalaian pada saat pemasangan rumput futsalnya atau juga gesekan dari sepatu para pemain. Dan salah satu faktor yang mengakibatkan rumput futsal sintetis sering mengalami kerusakan adalah dari keringat para pemain futsal yang jatuh pada rumput sehingga menyebabkan lem perekatnya cepat lepas. Cek kondisi fisik rumput futsal sintetis secara rutin dan berkala, misalnya setiap satu minggu sekali atau paling lama sebulan sekali.

3. Bersihkan Rumput Futsal Sintetis Dari Debu Secara Berkala.

Untuk membersihkan lapangan yang menggunakan rumput futsal sintetis, sebaiknya gunakan vacum cleaner untuk menyedot habis debu-debu yang ada pada rumput futsal sintetis. Lakukan itu secara rutin dan berkala, dan sebaiknya biasakan sebelum lapangan futsal buka jam operasionalnya. Ini demi kenyamanan setiap para pemain yang menggunakan lapangan futsal tersebut.

4. Semprot Rumput Futsal Agar Tahan Lama. 

Agar dapat bertahan lama, biasakan untuk menyemprot rumput futsal sintetis pada lapangan futsal dengan cairan yang berkualitas dan dapat menjaga kualitas rumput futsal sintetis tersebut. Lakukanlah perawatan dengan cairan semprot secara rutin setiap satu minggu sekali. Hal ini akan membuat kualitas dan ketahan rumput futsal sintetis lebih tahan lama.

5. Selalu Perhatikan setiap sela-sela rumput futsal sintetis. 

Jika di perhatikan pada sela-sela rumput futsal sintetis, disana ada rubber granule, jika masih terdapat banyak rubber disela-sela rumput futsal sintetis tersebut, itu artinya bahwa kemungkinan rumput tersebut masih dalam keadaan bagus karena rubber berfungsi sebagai peredam yang membuat rumput futsal sintetis tersebut tidak mudah aus.

Demikian tips untuk merawat rumput sintetis pada lapangan futsal. Jika mendapati tanda-tanda kerusakan pada rumput futsal sintetis, ataupun hanya sekedar ingin konsultasi, sebaiknya kita menghubungi tenaga profesional pemasangan rumput sintetis. Karena, jika Anda melakukan perbaikan yang tidak benar, nantinya malah akan menambah kerusakan yang lebih parah.
Previous
Next Post »